Alat Mesh Isi adalah salah satu fitur yang paling kuat di CorelDRAW ®. Ini memungkinkan Anda merancang benda diisi multi-warna dengan transisi cairan dan efek unik. Anda dapat mengatur transparansi node tunggal untuk membuat halus, transisi warna yang kaya untuk objek jala diisi apapun.
Tidak seperti mengisi tradisional, mengisi jala dapat dibentuk, seperti tanah liat. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat objek dengan bentuk khusus, mirip dengan bagaimana pematung memberikan bentuk untuk karyanya. Anda dapat beradaptasi dan membentuk mengisi sesuai dengan objek yang sedang menciptakan, dan untuk mencapai penampilan berwarna realistis. Dan terbaik dari semua, mengisi mesh obyek vektor yang berarti bahwa Anda dapat memperbesar atau memperkecil setiap saat tanpa substansial meningkatkan ukuran file.Menambahkan warna
Sekarang, kita dapat menambahkan warna dengan memilih node atau beberapa node. Anda dapat memilih node secara individual dengan menggunakan alat Mesh Fill (M) atau alat Shape (F10). Untuk memilih beberapa node, tekan dan tahan Shift saat mengklik setiap node. Jika Anda ingin memilih koleksi yang tidak teratur node, pilih Freehand dari daftar modus Seleksi kotak pada property bar. Hal ini memungkinkan Anda menggambar area seleksi yang tidak teratur.Pada titik ini, kita memiliki mengisi gradien kustom, yang dapat kita capai dengan menggunakan alat-alat lain atau efek, seperti Blend atau Contour alat. Jadi apa yang begitu ajaib tentang mengisi jala? Kita dapat merusak grid mesh dan menambahkan warna tak terbatas. Sebagai contoh, kita dapat memilih beberapa node dan memindahkan mereka bersama-sama ke arah yang sama.
Mengisi lembut jala
Dalam versi sebelum CorelDRAW X5, mesh mengisi menghasilkan tepi keras secara default, namun, sekarang ada pilihan warna jala halus pada property bar. Hal ini memungkinkan Anda memilih apakah Anda ingin tepi yang lembut atau keras.Mesh mengisi transparansi
Jadi, bagaimana menambahkan transparansi ke mesh mengisi? Mudah, cukup pilih node (s) dan kemudian menyesuaikan slider Transparansi pada property bar. Anda dapat memilih berbagai tingkat transparansi untuk setiap node dalam sebuah objek jala penuh. Anda juga dapat mengembalikan simpul transparansi setiap saat, dengan memilih node (s) dan menggeser slider ke nol. Contoh di bawah ini menunjukkan objek diisi jala pada latar belakang hitam tanpa transparansi (kiri) dan dengan transparansi (kanan).Membentuk mengisi jala
Anda memiliki dua pilihan untuk membentuk objek jala penuh. Pertama, seperti yang saya lakukan dengan daun sebelumnya, Anda dapat membuat objek, bentuk, dan kemudian menerapkan mengisi mesh. Pilihan kedua adalah untuk menerapkan mengisi jala ke objek dasar, seperti persegi panjang, dan kemudian membentuk persegi panjang dengan memindahkan node mesh. Sebagai contoh, saya dapat membuat segelas bir dengan terlebih dahulu menciptakan sebuah persegi panjang, menerapkan mengisi mesh, menambahkan warna, menyesuaikan node, dan membentuk tepi. Saya akan menggunakan elips untuk memberikan perspektif pembukaan kaca, dan jala lain mengisi untuk menciptakan latar belakang.Mesh fill dan PowerClip
Kadang-kadang, mengisi jala tidak cocok untuk benda-benda tertentu, misalnya, dikombinasikan benda-benda yang dibentuk dengan menggabungkan dua objek menjadi kurva tunggal dengan subpath, seperti teks. Juga, jika objek jika terlalu rumit, mengisi jala akan sangat kompleks.Dalam hal ini, solusi terbaik adalah dengan menggunakan jala mengisi sederhana dan menempatkannya dalam PowerClip (Efek> PowerClip> Tempat Di dalam Frame) pada teks atau objek. Anda dapat mengedit PowerClip (Ctrl + Klik) jika Anda ingin membentuk mengisi jala untuk lebih beradaptasi dengan objek.
Menerapkan warna mengisi jala
Ketika Anda bekerja dengan alat Mesh Fill, property bar menyediakan Mesh berdedikasi mengisi palet warna. Hal ini membuat mudah untuk menambahkan warna dan cepat. Ada juga Contoh jala mengisi pipet warna pada property bar, yang memungkinkan Anda memilih warna apapun dari mengisi jala yang ada dan menambahkannya ke palet Dokumen.Mencoba latihan sederhana dengan mengisi jala
Sekarang, mari kita membuat gambar baru. Saya suka menggambar bunga, daun, dan hewan sejak mengisi mesh lebih realistis daripada efek lainnya. Perlu diingat, Anda tidak perlu Da Vinci untuk menggunakan CorelDRAW untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik daripada logo bitmap atau clipart. Untuk latihan ini, kita akan mulai dengan bentuk dasar untuk membantu Anda menemukan keajaiban dan kekuatan CorelDRAW.Jadi, cara menggambar daun? Dari toolbox, klik tool Freehand (F5) dan mulai dengan garis lurus untuk gambar sederhana. Dengan alat Shape, tarik atas bentuk untuk memilih semua node, dan kemudian klik tombol Convert to Curve pada property bar. Penampilan Bentuk tidak berubah. Tapi tunggu dulu, sekarang pilih node atas dan bawah, lalu klik tombol simpul simetris pada property bar. Sekarang bentuknya menyerupai mata, yang merupakan awal yang baik untuk daun kami.
Membuat latar belakang
Sekarang, mari kita coba membuat latar belakang abstrak. Seperti biasa, mulai dengan bentuk sederhana, seperti elips. Pilih warna Anda dan isi dengan Fill Uniform. Kemudian, memilih alat Mesh Isi dan hanya menambahkan transparansi pada node. Coba 100% pada sekitar setengah dari node, dan 50% untuk sisanya. Anda dapat mengubah nilai-nilai ini untuk menciptakan hasil yang berbeda dan kombinasi.Sebuah lanskap sampel jala mengisi
Saya telah menyertakan sampel ini untuk memperkuat bahwa Anda tidak perlu menggunakan objek yang kompleks untuk membuat gambar yang bagus. Saya mulai dengan persegi panjang, menambahkan elips, dan kemudian bentuk yang tidak teratur digambar tangan untuk menciptakan lanskap dengan pegunungan, matahari, dan beberapa awan. Kemudian saya menggunakan alat Mesh Fill untuk menambahkan beberapa warna, sehingga pemandangan yang realistis dan indah. Untuk membuat yang lembut, bersinar perbatasan di sekitar matahari, saya menggunakan Drop Shadow sederhana.Sebuah gambar yang kompleks sampel
Tentu saja, ada kalanya Anda perlu membuat gambar yang lebih kompleks, seperti wajah. Sementara itu tidak semudah daun atau bunga, proses ini serupa. Kuncinya adalah untuk melakukannya langkah demi langkah dan tidak mencoba untuk melakukan semuanya sekaligus. Ilustrasi sampel berikutnya akan menunjukkan beberapa langkah yang saya gunakan dalam penciptaan Yoda, Star Wars Jedi Guru.Jika Anda melihat hanya hasil akhir, proses mungkin tampak sulit dan menakutkan, namun, dengan membuat objek terpisah untuk setiap langkah, proses ini sangat mudah dan menyenangkan. Dengan setiap langkah, saya telah menambahkan node dan berbentuk wajah, menambahkan warna yang lebih ringan dan meningkatkan warna untuk menciptakan daerah gelap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar