STEP 1
Buat workspace baru pada Photoshop, klik File > New.Di sini saya menerapkan pengaturan untuk Width: 1400 px dan untuk Height: 1100 px

STEP 2
Buka stock Underwater Texture yang sudah kamu download, seleksi pada bagian berikut menggunakan Rectangular Marque Tool(M)

Copy, kemudian paste pada workspace yang sudah kamu buat pada Step 1.Atur ukuran dan penempatan layer texture ini menggunakan Free Transform Tool(Ctrl+T) seperti di bawah ini

STEP 3
Buka stock Ocean.Sama seperti pada Step ke-2, seleksi bagian berikut kemudian copy-paste pada workspace lalu atur ukuran dan penempatan layer Ocean ini dengan Free Transform Tool


Selanjutnya, duplikasi layer Ocean dengan menekan Ctrl+J pada layer Ocean sehingga kita memiliki 2 layer Ocean.Yang pertama adalah layer Ocean yang asli dan yang kedua adalah layer Ocean hasil diplikasi(Ocean copy)

Sekarang, klik layer Ocean copy(layer Ocean hasil duplikasi).Kemudian masuk ke menu Filter > Blur > Gaussian Blur > pada Radius masukkan nilai 3.5 kemudian klik OK (Pada screenshot di bawah ini saya mengulangi penerapan filter gaussian blur pada layer, pertama saya menambahkan radius sebesar 1.5 kemudian saya ulangi lagi sebesar 2.0, jadi kamu cukup terapkan saja gaussian blur dengan radius 3.5 secara langsung)

Aktifkan Rectangular Marque Tool, seleksi pada bagian berikut.Kemudian hapus area yang diseleksi dengan Eraser Tool(E)

Hasilnya akan nampak seperti ini

Merge layer Ocean dan layer Ocean copy

STEP 4
Buka stock Grassy Field Sunset.Pada stock ini kita hanya akan mengambil bagian awannya saja.Jadi, seleksi daerah awan kemudian copy-paste pada workspace.Saya menyebut layer ini sebagai layer Sky.Letakkan layer ini di antara layer Underwater Texture dan Ocean, lalu atur penempatan dan ukuran layer menggunakan Free Transform Tool seperti ini

STEP 5
Kembali pada layer Ocean, sekarang kita akan menyeimbangkan warna antara bagian permukaan air(layer Ocean) dengan panorama awan(layer Sky).Langkah pertama, buat layer adjustments Hue/Saturation diatas layer Ocean dengan pengaturan sebagai berikut
Hue: 0
Saturation: -58
Lightness: 0

atur layer Hue/Saturation ini sebagai Clipping Mask
Kedua, buat layer Photo Filter di atas layer Hue/Saturation yang baru saja kamu buat, atur layer sebagai clipping mask.Gunakan pengaturan seperti berikut
Color: #fd9b10
Density: 68%
Jangan lupa untuk mencentang bagian Preserve Luminosity

Ketiga, buat layer Levels(clipping mask).Gunakan pengaturan seperti ini

Keempat, buat layer Gradient Map(clipping mask) dengan pengaturan sebagai berikut
Gradasi kiri: #7c532f
Gradasu kanan: #f09845
Atur Opacity layer menjadi 10% dan Blending Mode: Overlay

Kelima, buat layer Brightness/Contrast(clipping mask) dengan pengaturan
Brightness: 29
Contrast: 0

Hasilnya seperti ini

Sekarang, klik layer Ocean.Kita akan membalikkan orientasi layer Ocean secara horizontal.Klik Edit > Transform > Flip Horizontal, idenya adalah untuk membuat cahaya datang dari sebelah kanan(jika kamu amati layer Ocean, bagian kiri lebih terang dari kanan)


STEP 6
Sekarang, kita beralih pada model.Pertama, buka kemudian seleksi foto model yang sudah kamu download untuk menghapus background asli dari stock model.Bagi kamu yang kurang mengerti bagaimana melakukan seleksi, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu di sini
Setelah model diseleksi, masukkan stock model pada workspace dengan mengklik stock model kemudian drag ke workspace

Letakkan layer Model di bagian paling atas dari layer-layer yang sudah ada.Kemudian atur posisi dan ukuran layer Model seperti berikut

STEP 7
Langkah selanjutnya, klik layer Ocean.Klik menu Select > Load Selection, kemudian akan muncul jendela dialog Load Selection, langsung saja klik OK maka akan terbentuk garis seleksi mengikuti bentuk dari layer OceanDalam keadaan garis seleksi aktif, klik layer Model.Hapus bagian yang ditandai berikut

Hasilnya seperti ini

STEP 8
Oke, sekarang saatnya kita bermain pencahayaan.Buat layer baru di atas layer Model, beri nama layer ini sebagai Soft Light 1 dan atur sebagai layer Clipping Mask.

Gores Model menggunakan Soft Brush dengan warna #f9ba7e seperti ini.Setelah itu ubah mode layer ini menjadi Soft Light, Oppacity 40%

Buat lagi layer baru di atas layer Soft Light 1 yang baru saja kamu buat.Namai layer ini sebagai Layer Multiply, atur layer sebagai Clipping Mask
Sama seperti pada layer Soft Light 1, gunakan Soft Brush dengan warna #f9ba7e dan gores pada bagian seperti berikut ini

Lalu ubah mode layer menjadi Multiply, Oppacity 32%.Hasilnya, layer Model akan terkesan memperoleh sorotan cahaya dari sebelah kanan

STEP 9
Buat layer Hue/Saturation di atas layer Multiply yang baru kamu buat pada Step ke-8, atur layer ini sebagai Clipping Mask.Gunakan pengaturan seperti ini
Hue: 0
Saturation: -8
Lightness: 0

Oke, sejauh ini kita berhasil mendapatkan hasil seperti ini

STEP 10
Sekarang kita akan membuat efek Lens Flare pada layer model agar lebih menarik.Buat layer baru di atas layer Hue/Saturation yang kamu buat pada Step 9, namai layer ini sebagai Lens FlareGunakan Soft Brush dengan warna #e4b77d, buat tiga titik seperti ini dengan brush

Ubah mode layer menjadi Screen, atur juga Oppacity-nya menjadi 78%.Hasilnya seperti ini

STEP 11
Buat layer baru di atas layer Lens Flare yang kamu buat pada Step 11.Beri nama layer ini sebagai Splatter
Aktifkan brush tool, load brush Splatter yang sudah kamu download kemudian buat efek percikan air seperti ini

STEP 12
Buka stock Underwater Texture, seleksi bagian berikut kemudian copy(Ctrl+C)
Lalu paste(Ctrl+V) pada workspace


Buat Layer Mask pada layer Underwater Texture
Sama seperti pada Step 7, load garis seleksi pada layer Ocean.Lalu dalam keadaan garis seleksi aktif, klik Layer Mask pada layer Underwater Texture yang baru saja kamu buat.Gores bagian yang diseleksi dengan Brush Tool(#000000) untuk menghapus bagian dari layer Underwater Texture yang berlebihan

Hasilnya seperti ini

Turunkan Oppacity layer Underwater Texture menjadi 65%

STEP 13
Buat layer Adjustments Hue/Saturation, Gradient Map, dan Photo Filter tepat di atas layer Underwater Texture dengan pengaturan seperti di bawah ini



Atur ketiga layer Adjustments di atas sebagai Clipping Mask.Kembali pada layer Gradient Map yang baru saja kamu buat setelah layer Photo Filter, ubah modenya menjadi Hard Light dengan Oppacity 10%
Hasilnya kurang lebih seperti ini

Buat lagi layer Adjustments Hue/Saturation, Gradient Map, dan Photo Filter di atas layer Water Texture dengan pengaturan yang sama seperti di atas.Hasilnya kurang lebih seperti berikut

STEP 14
Sekarang, kita akan memasukkan objek burung camar pada pekerjaan kita.Buka stock Seagull, seleksi objek camar kemudian masukkan pada workspace.Atur penempatan dan ukurannya seperti berikut ini

Selanjutnya, gelapkan bagian sisi kiri burung menggunakan Burn Tool.Gores perlahan-lahan hingga mendapatkan hasil kurang lebih seperti ini

STEP 15
Buat layer baru di atas layer Seagull, atur layer ini sebagai Clipping Mask.Kemudian aktifkan Soft Brush tool, atur warna menjadi #fabc7f.Goreskan brush pada area berikut,

Ubah mode layer menjadi Soft Lught, kemudian turunkan Oppacity layer menjadi 40%.Kamu akan mendapatkan hasil seperti ini

STEP 16
Buat kembali sebuah layer di atas layer yang baru saja kamu buat pada step ke 15, atur sebagai Clipping Mask .Gores area berikut dengan pengaturan brush yang sama seperti tadi di Step 15

Ubah mode layer menjadi Multiply dengan Oppacity 20%, hasilnya kurang lebih seperti berikut

STEP 17
Buat layer adjustments Photo Filter dan Levels di atas layer yang kamu buat pada step 16 dengan pengaturan seperti berikut ini


Jangan lupa juga untuk mengatur kedua layer ini sebagai Clipping Mask
Hasilnya seperti ini

STEP 18
Kita hampir selesai.Pada step 18 ini kamu hanya perlu menambahkan layer Photo Filter.Idenya, adalah untuk menyeimbangkan warna secara global pada semua layer yang sudah kamu susun mulai dari Step 1 hingga Step 17.Gunakan pengaturan Photo Filter seperti berikut ini,

Maka hasilnya seperti ini

STEP 19
Sentuhan terakhir, kita akan menambahkan efek sorotan cahaya untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih realistis dan lebih menarik.
Pertama, buat layer baru di atas layer Photo Filter yang kamu buat pada Step 18.Beri nama layer ini sebagai Light 1.Atur foreground color menjadi #f6b067, setelah itu aktifkan Gradient Tool, pilih style Linier

Tarik garis menggunakan Gradient Tool dari pojok kanan atas ke arah serong kiri bawah seperti ini

Kurang lebih kamu akan mendapatkan hasil seperti berikut

Lalu ubah mode layer menjadi Overlay dengan Oppacity 27%.Hasilnya seperti ini

Selanjutnya, buat layer baru.Sama seperti tadi, gunakan Gradient Tool dengan pengaturan warna #f1ab9b kemudian buat efek seperti di bawah ini dengan menarik garis pada workspace

Ubah mode layer Light 2 ini menjadi Soft Light dengan Oppacity 68%
Terakhir, buat layer baru di atas layer Light 2.Namai layer ini sebagai layer Light 3.Gunakan Gradient Tool dengan pengaturan warna #e7f4f2 untuk menciptakan efek seperti ini

Ubah mode layer menjadi Screen dengan Oppacity 69%.Selesai, setelah menambahkan ketiga layer gradient yakni layer Light 1, Light 2, dan Light 3 seperti instruksi di atas, kamu akan mendapatkan hasil seperti ini

HASIL AKHIR

- See more at: http://the-lizart.net/2013/10/membuat-efek-bawah-air-dengan-photoshop.html#sthash.Y3oufzY0.dpuf
Buat workspace baru pada Photoshop, klik File > New.Di sini saya menerapkan pengaturan untuk Width: 1400 px dan untuk Height: 1100 px

STEP 2
Buka stock Underwater Texture yang sudah kamu download, seleksi pada bagian berikut menggunakan Rectangular Marque Tool(M)

Copy, kemudian paste pada workspace yang sudah kamu buat pada Step 1.Atur ukuran dan penempatan layer texture ini menggunakan Free Transform Tool(Ctrl+T) seperti di bawah ini

STEP 3
Buka stock Ocean.Sama seperti pada Step ke-2, seleksi bagian berikut kemudian copy-paste pada workspace lalu atur ukuran dan penempatan layer Ocean ini dengan Free Transform Tool


Selanjutnya, duplikasi layer Ocean dengan menekan Ctrl+J pada layer Ocean sehingga kita memiliki 2 layer Ocean.Yang pertama adalah layer Ocean yang asli dan yang kedua adalah layer Ocean hasil diplikasi(Ocean copy)

Sekarang, klik layer Ocean copy(layer Ocean hasil duplikasi).Kemudian masuk ke menu Filter > Blur > Gaussian Blur > pada Radius masukkan nilai 3.5 kemudian klik OK (Pada screenshot di bawah ini saya mengulangi penerapan filter gaussian blur pada layer, pertama saya menambahkan radius sebesar 1.5 kemudian saya ulangi lagi sebesar 2.0, jadi kamu cukup terapkan saja gaussian blur dengan radius 3.5 secara langsung)

Aktifkan Rectangular Marque Tool, seleksi pada bagian berikut.Kemudian hapus area yang diseleksi dengan Eraser Tool(E)

Hasilnya akan nampak seperti ini

Merge layer Ocean dan layer Ocean copy

STEP 4
Buka stock Grassy Field Sunset.Pada stock ini kita hanya akan mengambil bagian awannya saja.Jadi, seleksi daerah awan kemudian copy-paste pada workspace.Saya menyebut layer ini sebagai layer Sky.Letakkan layer ini di antara layer Underwater Texture dan Ocean, lalu atur penempatan dan ukuran layer menggunakan Free Transform Tool seperti ini

STEP 5
Kembali pada layer Ocean, sekarang kita akan menyeimbangkan warna antara bagian permukaan air(layer Ocean) dengan panorama awan(layer Sky).Langkah pertama, buat layer adjustments Hue/Saturation diatas layer Ocean dengan pengaturan sebagai berikut
Hue: 0
Saturation: -58
Lightness: 0

atur layer Hue/Saturation ini sebagai Clipping Mask
Kedua, buat layer Photo Filter di atas layer Hue/Saturation yang baru saja kamu buat, atur layer sebagai clipping mask.Gunakan pengaturan seperti berikut
Color: #fd9b10
Density: 68%
Jangan lupa untuk mencentang bagian Preserve Luminosity

Ketiga, buat layer Levels(clipping mask).Gunakan pengaturan seperti ini

Keempat, buat layer Gradient Map(clipping mask) dengan pengaturan sebagai berikut
Gradasi kiri: #7c532f
Gradasu kanan: #f09845
Atur Opacity layer menjadi 10% dan Blending Mode: Overlay

Kelima, buat layer Brightness/Contrast(clipping mask) dengan pengaturan
Brightness: 29
Contrast: 0

Hasilnya seperti ini

Sekarang, klik layer Ocean.Kita akan membalikkan orientasi layer Ocean secara horizontal.Klik Edit > Transform > Flip Horizontal, idenya adalah untuk membuat cahaya datang dari sebelah kanan(jika kamu amati layer Ocean, bagian kiri lebih terang dari kanan)


STEP 6
Sekarang, kita beralih pada model.Pertama, buka kemudian seleksi foto model yang sudah kamu download untuk menghapus background asli dari stock model.Bagi kamu yang kurang mengerti bagaimana melakukan seleksi, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu di sini
Setelah model diseleksi, masukkan stock model pada workspace dengan mengklik stock model kemudian drag ke workspace

Letakkan layer Model di bagian paling atas dari layer-layer yang sudah ada.Kemudian atur posisi dan ukuran layer Model seperti berikut

STEP 7
Langkah selanjutnya, klik layer Ocean.Klik menu Select > Load Selection, kemudian akan muncul jendela dialog Load Selection, langsung saja klik OK maka akan terbentuk garis seleksi mengikuti bentuk dari layer OceanDalam keadaan garis seleksi aktif, klik layer Model.Hapus bagian yang ditandai berikut

Hasilnya seperti ini

STEP 8
Oke, sekarang saatnya kita bermain pencahayaan.Buat layer baru di atas layer Model, beri nama layer ini sebagai Soft Light 1 dan atur sebagai layer Clipping Mask.

Gores Model menggunakan Soft Brush dengan warna #f9ba7e seperti ini.Setelah itu ubah mode layer ini menjadi Soft Light, Oppacity 40%

Buat lagi layer baru di atas layer Soft Light 1 yang baru saja kamu buat.Namai layer ini sebagai Layer Multiply, atur layer sebagai Clipping Mask
Sama seperti pada layer Soft Light 1, gunakan Soft Brush dengan warna #f9ba7e dan gores pada bagian seperti berikut ini

Lalu ubah mode layer menjadi Multiply, Oppacity 32%.Hasilnya, layer Model akan terkesan memperoleh sorotan cahaya dari sebelah kanan

STEP 9
Buat layer Hue/Saturation di atas layer Multiply yang baru kamu buat pada Step ke-8, atur layer ini sebagai Clipping Mask.Gunakan pengaturan seperti ini
Hue: 0
Saturation: -8
Lightness: 0

Oke, sejauh ini kita berhasil mendapatkan hasil seperti ini

STEP 10
Sekarang kita akan membuat efek Lens Flare pada layer model agar lebih menarik.Buat layer baru di atas layer Hue/Saturation yang kamu buat pada Step 9, namai layer ini sebagai Lens FlareGunakan Soft Brush dengan warna #e4b77d, buat tiga titik seperti ini dengan brush

Ubah mode layer menjadi Screen, atur juga Oppacity-nya menjadi 78%.Hasilnya seperti ini

STEP 11
Buat layer baru di atas layer Lens Flare yang kamu buat pada Step 11.Beri nama layer ini sebagai Splatter
Aktifkan brush tool, load brush Splatter yang sudah kamu download kemudian buat efek percikan air seperti ini

STEP 12
Buka stock Underwater Texture, seleksi bagian berikut kemudian copy(Ctrl+C)
Lalu paste(Ctrl+V) pada workspace


Buat Layer Mask pada layer Underwater Texture
Sama seperti pada Step 7, load garis seleksi pada layer Ocean.Lalu dalam keadaan garis seleksi aktif, klik Layer Mask pada layer Underwater Texture yang baru saja kamu buat.Gores bagian yang diseleksi dengan Brush Tool(#000000) untuk menghapus bagian dari layer Underwater Texture yang berlebihan

Hasilnya seperti ini

Turunkan Oppacity layer Underwater Texture menjadi 65%

STEP 13
Buat layer Adjustments Hue/Saturation, Gradient Map, dan Photo Filter tepat di atas layer Underwater Texture dengan pengaturan seperti di bawah ini



Atur ketiga layer Adjustments di atas sebagai Clipping Mask.Kembali pada layer Gradient Map yang baru saja kamu buat setelah layer Photo Filter, ubah modenya menjadi Hard Light dengan Oppacity 10%
Hasilnya kurang lebih seperti ini

Buat lagi layer Adjustments Hue/Saturation, Gradient Map, dan Photo Filter di atas layer Water Texture dengan pengaturan yang sama seperti di atas.Hasilnya kurang lebih seperti berikut

STEP 14
Sekarang, kita akan memasukkan objek burung camar pada pekerjaan kita.Buka stock Seagull, seleksi objek camar kemudian masukkan pada workspace.Atur penempatan dan ukurannya seperti berikut ini

Selanjutnya, gelapkan bagian sisi kiri burung menggunakan Burn Tool.Gores perlahan-lahan hingga mendapatkan hasil kurang lebih seperti ini

STEP 15
Buat layer baru di atas layer Seagull, atur layer ini sebagai Clipping Mask.Kemudian aktifkan Soft Brush tool, atur warna menjadi #fabc7f.Goreskan brush pada area berikut,

Ubah mode layer menjadi Soft Lught, kemudian turunkan Oppacity layer menjadi 40%.Kamu akan mendapatkan hasil seperti ini

STEP 16
Buat kembali sebuah layer di atas layer yang baru saja kamu buat pada step ke 15, atur sebagai Clipping Mask .Gores area berikut dengan pengaturan brush yang sama seperti tadi di Step 15

Ubah mode layer menjadi Multiply dengan Oppacity 20%, hasilnya kurang lebih seperti berikut

STEP 17
Buat layer adjustments Photo Filter dan Levels di atas layer yang kamu buat pada step 16 dengan pengaturan seperti berikut ini


Jangan lupa juga untuk mengatur kedua layer ini sebagai Clipping Mask
Hasilnya seperti ini

STEP 18
Kita hampir selesai.Pada step 18 ini kamu hanya perlu menambahkan layer Photo Filter.Idenya, adalah untuk menyeimbangkan warna secara global pada semua layer yang sudah kamu susun mulai dari Step 1 hingga Step 17.Gunakan pengaturan Photo Filter seperti berikut ini,

Maka hasilnya seperti ini

STEP 19
Sentuhan terakhir, kita akan menambahkan efek sorotan cahaya untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih realistis dan lebih menarik.
Pertama, buat layer baru di atas layer Photo Filter yang kamu buat pada Step 18.Beri nama layer ini sebagai Light 1.Atur foreground color menjadi #f6b067, setelah itu aktifkan Gradient Tool, pilih style Linier

Tarik garis menggunakan Gradient Tool dari pojok kanan atas ke arah serong kiri bawah seperti ini

Kurang lebih kamu akan mendapatkan hasil seperti berikut

Lalu ubah mode layer menjadi Overlay dengan Oppacity 27%.Hasilnya seperti ini

Selanjutnya, buat layer baru.Sama seperti tadi, gunakan Gradient Tool dengan pengaturan warna #f1ab9b kemudian buat efek seperti di bawah ini dengan menarik garis pada workspace

Ubah mode layer Light 2 ini menjadi Soft Light dengan Oppacity 68%
Terakhir, buat layer baru di atas layer Light 2.Namai layer ini sebagai layer Light 3.Gunakan Gradient Tool dengan pengaturan warna #e7f4f2 untuk menciptakan efek seperti ini

Ubah mode layer menjadi Screen dengan Oppacity 69%.Selesai, setelah menambahkan ketiga layer gradient yakni layer Light 1, Light 2, dan Light 3 seperti instruksi di atas, kamu akan mendapatkan hasil seperti ini

HASIL AKHIR

- See more at: http://the-lizart.net/2013/10/membuat-efek-bawah-air-dengan-photoshop.html#sthash.Y3oufzY0.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar