1. Pengertian Perspektif
Menurut
Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang
menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar.
Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang
tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau
kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang
berarti “gambar pandangan”.
Konstruksi perspektif memungkinkan kita untuk menggambar sebuah benda
atau ruang secara nyata di atas sebuah bidang datar (bidang gambar)
atau untuk memperjelas sebuah rencana yang telah digambarkan secara
proyeksi geometri (tampak atas, depan dan samping).
Gambar perspektif juga bisa diartkan sebagai gambar yang teknisnya
menggunakan titik hilang. Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar
tiga dimensi.
2. Prinsip Dasar Perspektif
Peraturan-peraturan perspektif yang berbeda-beda pada dasarnya semua
mengikuti keadaan alam. Hal ini karena mata manusia sudah terbiasa
melihat benda-benda sekeliling dalam bentuk perspektif. Maka orang akan
lebih cepat menangkap maksud sebuah gambar perspektif daripada proyeksi
orthogonal.
Mata manusia hanya mampu melihat keadaan sekeliling dengan sudut
pandang tertentu yang relative terbatas. Kemampuan manusia memandag ini
tidak dapat dipaksakan untuk melihat (memandang) objek sekeliling dengan
sudut pandang yang lebih besar.
Dalam menggambar perspektif, pengamatan obyek berasal dari satu titik
pandang. Yaitu titik tempat pengamat berdiri memandang objek. Sudut
dipersempit secara relative, dan dengan cara ini garis-garis lurus akan
tetap lurus dan menghasilkan gambar perspektif yang tidak terdistorsi.
3. Cara Melihat Gambar Perspektif
- Gambar perspektif dapat dilihat dengan cara :
- Perspektif mata burung : dilihat secara keseluruhan dari atas
- Perspektif mata normal : dilihat secara keseluruhan dengan batas mata normal
- Perspektif mata cacing : dilihat secara keseluruhan dari bawah
4. Jenis-jenis Gambar Perspektif dilihat dari Titik Hilang
Dilihat dari titik hilang yang digunakan gambar perspektif ada tiga, yaitu :
• Perspektif satu titik hilang
• Perspektif dua titik hilang
• Perspektif tiga titik hilang
Beberapa singkatan dari bahasa asing yang lazim digunakan dalam gambar perspektif, yaitu :
- CVA : Central Vertical Axis = Sumbu Vertikal Pusat
- EL : Eye Level = Ketinggian Mata
- GL : Ground Line = Garis Tanah
- HL : Horizon Line = Garis Horison
- MP : Measuring Point = Titik Ukur
- PP : Picture Plane = Bidang Gambar
- SP : Station Point = Titik Pangkal
- VML : Vertical Measuring Line = Garis Ukur Vertikal
- VMP : Vertical Measuring Point = Titik Ukur Vertikal
- VP : Vanishing Point = Titik Hilang
- VVL : Vertical Vanishing Line = Garis Hilang Vertikal
- VVP : Vertical Vanishing Point = Titik Hilang Vertikal
http://fhy13.ngeblogs.com/2010/01/05/gambar-perspektif/
5. Menentukan Sudut Pandang Dan Titik Hilang.
Kadang kita menemui gambar perspektif yang terlihat tidak seimbang
atau beberapa furniturnya terpotong. Permasalahan ini dapat di atasi
dengan cara:
- Garis Horison dapat diturunkan atau dinaikkan sehingga bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.
- Kedudukan pengamat dimundurkan lebih jauh dari bidang gambar
sehingga seluruh bagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang
pengamat.
Untuk menentukan titik hilang dapat dengan cara menentukan terlebih
dahulu bagian ruang yang akan ditampilkan secara maksimal. Pada
perspektif satu titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah
bagian kanan, maka titik hilang cenderung berada di sebelah kiri
menjauhi garis normal dan bagian kanan ruang pada gambar. Cara ini
berlaku untuk bagian ruang lainnya (kiri, atas dan bawah). Sedangkan
pada perspektif dua titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan
adalah bagian kanan, maka titik hilang sebelah kiri akan menjauhi dan
titik hilang kanan akan mendekati bagian kanan ruang pada gambar.
6. Teknik Menggambar PerspektifLinear dan Perspektif Aerial
Para Teknik Menggambar perspektif
Menggambar
Perspektif adalah teknik yang digunakan untuk mewakili tiga dimensi
gambar pada pesawat gambar dua dimensi. Dalam seri pelajaran kita pada
perspektif gambar kita menjelaskan berbagai metode membangun sebuah
gambar dengan perspektif dan menunjukkan bagaimana ini digunakan oleh
seniman dan ilustrator.
Ada tiga aspek perspektif: Yang pertama berkaitan dengan bagaimana ukuran objek tampaknya berkurang sesuai dengan jarak, yang kedua, cara di mana perubahan warna semakin jauh mereka dari mata; ketiga objek mendefinisikan bagaimana seharusnya selesai kurang hati-hati lebih jauh mereka adalah ” (Leonardo da Vinci)
Perspektif dikembangkan pada abad ke-15 oleh arsitek, Leon Baptista
Alberti (1404-1472) dan Filippo Brunelleschi (1377-1446). Untuk 500
tahun, gambar perspektif tetap salah satu prinsip dasar dari seni Barat
sampai ditantang oleh ide-ide dari
Cubists
pada awal abad ke-20. Apakah Anda bekerja dengan bahan konvensional
seperti pensil dan cat, atau media digital kontemporer , pengetahuan dan
pemahaman gambar perspektif tetap merupakan alat penting untuk membantu
Anda meningkatkan teknik gambar Anda.
Ada dua elemen utama dalam gambar perspektif:
- Perspektif linier yang berkaitan dengan organisasi bentuk dalam ruang
- Perspektif udara yang berkaitan dengan efek atmosfer pada nada dan warna.
Anda dapat melihat bagaimana kedua elemen ini bekerja di ilustrasi kami atas beberapa reruntuhan kuno:
Gambar hitam dan putih menampilkan contoh dari Perspektif Linear. Hal
ini menunjukkan beberapa garis konstruksi yang digunakan untuk mengatur
blok dan kolom untuk membuat sebuah ilusi kedalaman dan jarak.
Jika Anda mengarahkan mouse ke gambar hitam dan putih harus
mengungkapkan versi berwarna dan bertekstur dari TKP. Ini menampilkan
efek atmosfer Perspektif Aerial. Anda dapat melihat bagaimana nada
melemah dan warna-warna pucat karena mereka mundur dari pandangan Anda.
Kedua perspektif linear dan udara bergabung untuk menciptakan ilusi tiga dimensi meyakinkan pada bidang dua dimensi.
Plane Gambar dan Plane Kantor
Plane Gambar dan Plane Kantor
Gambar Plane adalah permukaan datar dua dimensi di mana kita menarik atau proyek gambar dalam perspektif.
Dalam ilustrasi di atas, itu adalah tugas sederhana untuk menggambar
dua persegi panjang jika mereka sejajar dengan bidang gambar.
Ground Plane di 90 derajat terhadap bidang gambar.
Dalam ilustrasi kami, bidang tanah adalah permukaan abu-abu di mana
bentuk tampaknya berdiri. Hal ini ditekankan oleh bayangan yang
dilemparkan atasnya. Dimulai di bagian bawah pesawat gambar dan
membentang kembali ke cakrawala.
Kesulitan dalam menggambar persegi panjang kedua muncul ketika Anda
perlu menggambarkan mereka pada sudut terhadap bidang gambar. Di sinilah
aturan gambar perspektif datang ke dalam bermain.
Mouse di atas gambar untuk melihat bagaimana perspektif perubahan ketika persegi panjang dilihat di sudut.
Mereka sekarang dilihat pada sudut 90 derajat terhadap bidang gambar
sebagai mereka surut sepanjang bidang tanah. Hal ini menciptakan ilusi
kedalaman. Bentuk mereka tidak lagi identik dan telah berubah sesuai
dengan aturan perspektif.
Halaman-halaman berikut kami menguraikan beberapa prinsip penting dari gambar perspektif.
7. Horizon / Tingkat Mata di Menggambar Perspektif
Horizon adalah Tingkat Mata Tingkat cakrawala/mata adalah sumbu sekitar yang gambar perspektif dibangun.
Ketika kita berada di luar ruangan kami menggunakan cakrawala sebagai
titik acuan untuk menilai skala dan jarak objek dalam hubungan dengan
kita.
Dalam gambar perspektif, cakrawala akan terjadi pada pemirsa mata-tingkat.
Dalam seni, kita cenderung menggunakan ‘tingkat mata’ istilah,
daripada ‘cakrawala’ seperti dalam banyak gambar, cakrawala sering
disembunyikan oleh dinding-dinding, bangunan, pohon, bukit dll
Untuk membuat gambar perspektif di atas, kita telah menambahkan beberapa turis ke lokasi kami dari
halaman 1 .
Perhatikan bagaimana keempat berbagi angka tingkat mata sama -..
Yaitu cakrawala gambar ini menunjukkan bahwa mereka semua sama tinggi
dan berdiri di pesawat yang sama Karena cakrawala terjadi menjadi
tingkat mata kita, itu juga menunjukkan bahwa angka ketinggian yang sama
seperti penampil gambar. Akibatnya, organisasi skala dan jarak dalam
gambar visual yang baik masuk akal.
Jika Anda mengarahkan mouse gambar ini harus mengungkapkan citra
kedua kami. Meskipun angka-angka ini masih ukuran yang sama, tingkat
mata mereka tidak lagi memiliki hubungan dengan tingkat mata gambar.
Akibatnya, skala angka benar-benar bingung.
Hal ini menunjukkan pentingnya tingkat cakrawala / mata untuk
organisasi skala dan jarak dalam gambar perspektif. Hal ini juga
menggambarkan arti dari kutipan terkenal Leonardo bahwa,
“Perspektif adalah untuk melukis apa tali kekang kuda adalah, kemudi ke kapal ‘.
- Satu Titik Perspektif
Satu Titik Perspektif – Perspektif Persegi Panjang
Dalam
perspektif kita menggambar di atas, Anda dapat melihat garis konstruksi
yang digunakan untuk menggambar dua persegi panjang dari ilustrasi kami
pada halaman 2.
Ada dua jenis garis konstruksi yang digunakan dalam gambar perspektif:
1) Garis Orthogonal yang telah kita ditarik dalam merah.
2) Garis Lintang yang telah kita ditarik dalam warna hijau.
Kami akan terus menggunakan kode warna dalam ilustrasi berikutnya.
Garis Orthogonal
Garis ortogonal yang sejajar dengan bidang tanah dan bergerak kembali dari pesawat gambar.
Garis ortogonal mengatur ketinggian bervariasi atau lebar dari pesawat empat persegi panjang seperti itu surut dari pandangan.
Garis ortogonal selalu tampil untuk bertemu di satu titik hilang pada tingkat mata.
Garis transversal
Garis transversal yang selalu di es angl kanan ke orthogonals.
Garis transversal yang sejajar dengan bidang gambar dan satu sama lain.
Garis transversal membentuk tinggi tetap atau lebar antara dua garis ortogonal.
Garis transversal membentuk tepi terdekat dan terjauh dari sebuah persegi panjang seperti surut dari pandangan.
Vanishing Poin
Titik hilang, yang telah kita digambarkan berwarna biru, adalah titik
pada tingkat mata-mana garis paralel tampaknya menyatu dan menghilang
Kedua ilustrasi di halaman ini menggunakan titik hilang tunggal dan
menunjukkan bentuk sederhana dari gambar perspektif:. Satu Perspektif
Point.
Satu Titik Perspektif – Perspektif Box
Satu perspektif titik dinamakan demikian karena menggunakan titik
hilang tunggal untuk menggambar objek. Ini adalah bentuk sederhana dari
gambar perspektif dan digunakan di sini untuk menggambar kotak.
Dalam satu perspektif titik, depan dan belakang pesawat transversal
kotak selalu tetap sejajar dengan bidang gambar. Hanya perubahan skala
mereka saat mereka surut ke kejauhan.
Perhatikan bahwa
hanya garis ortogonal surut yang mengubah sudut mereka.
Jika Anda mengarahkan mouse di atas gambar untuk melihat ilustrasi
selesai, Anda akan melihat bahwa bagian depan dan belakang kotak pesawat
kami telah meninggalkan terisi untuk membuat konstruksi lebih
terlihat.2Dua Titik Perspektif
2. Dua Titik Perspektif
Dua
perspektif titik digunakan dalam ilustrasi ini untuk menggambar kotak
kita yang sekarang telah diputar pada sudut terhadap bidang gambar.
Dua perspektif menggunakan dua titik set
garis ortogonal dan dua
titik hilang untuk menarik setiap objek.
Tidak ada lagi pesawat sejajar dengan bidang gambar. Namun vertikal
garis transversal masih ditarik sejajar satu sama lain dan pada sudut kanan ke tanah pesawat.
Hal ini pada tahap ini bahwa gambar perspektif mulai menjadi lebih
canggung karena titik hilang kedua sering terletak baik di luar bingkai
gambar.
Klik di sini untuk melihat sebuah ilustrasi yang menampilkan posisi
titik hilang kedua. Jika kedua titik hilang yang terletak di dalam
bingkai foto, sudut objek yang tampil menjadi sangat menyempit.
Pada ilustrasi selesai, yang dapat Anda lihat ketika Anda mengarahkan
mouse di atas gambar, bagian depan dan belakang kotak pesawat kami
telah meninggalkan terisi untuk membuat konstruksi lebih terlihat.
3. Tiga Titik Perspektif
Tiga
Titik Perspektif menggunakan Eye Tingkat Rendah. Tiga Perspektif Point
bentuk yang paling kompleks gambar perspektif. Tiga perspektif titik
menggunakan tiga set
garis ortogonal dan
tiga titik hilang untuk menarik setiap objek.
Klik di sini untuk melihat ilustrasi penuh dengan semua titik hilang ditampilkan .
Teknik ini paling sering digunakan ketika menggambar bangunan dilihat
dari tingkat mata-rendah atau tinggi. Tingkat mata rendah dalam
ilustrasi kita di atas menciptakan ilusi bahwa bentuk kotak adalah
menjulang di atas kami. Secara alami memberi skala dari bangunan tinggi.
Dalam satu dan dua perspektif titik, gambar pesawat tetap pada sudut
kanan ke tanah pesawat. Dalam tiga perspektif titik, gambar pesawat
tampaknya diatur pada sudut sebagai pemirsa cenderung untuk memiringkan
kepala mereka mundur atau maju untuk melihat naik atau turun dari
tingkat mata.
Sebagai akibatnya, vertikal
garis transversal
, yang paralel di satu dan dua perspektif titik, sekarang tampaknya
surut. Mereka membentuk satu set ketiga garis ortogonal, yang bangkit
dari bidang tanah dan akhirnya bertemu di titik lenyap 3, tinggi di atas
pesawat gambar.
Tiga Titik Perspektif menggunakan Tingkat Tinggi Mata
Tiga perspektif titik juga digunakan ketika menggambar objek dari
tingkat mata tinggi seperti dalam ilustrasi kita di atas. Ini
menciptakan ilusi melihat ke bawah dari sudut pandang yang tinggi.
Proses menggambar hanyalah kebalikan dari metode yang digunakan untuk menggambar sebuah kotak dari tingkat mata yang rendah.
4. Perspektif Lingkaran
Para Menggambar Perspektif Lingkaran
Sebuah lingkaran dalam perspektif ini disebut elips. Gambar dari elips dikendalikan oleh perspektif persegi panjang.
Gambar kami di atas elips menggambarkan teknik ini. Ada dua tahap yang berbeda dalam penciptaan:
Gambar 1 Lingkaran pertama divisualisasikan dalam bentuk rencana pada
grid persegi datar. Setiap bagian dari grid berisi seperempat
lingkaran.
Gbr.2 grid persegi terdistorsi sesuai dengan hukum-hukum perspektif.
Lingkaran ini kemudian digambar ulang ke grid terdistorsi untuk membuat
sebuah elips.
Diagonal-diagonal grid telah ditarik pada kedua ilustrasi untuk membantu dengan merencanakan lingkaran dan elips.
Mouse di atas gambar untuk melihat ilustrasi diselesaikan tanpa garis-garisnya konstruksi.
5. Perspektif dari Cylinder
Para Menggambar Perspektif dari Cylinder
Sebelum Anda mempelajari perspektif silinder, akan membantu jika Anda memahami
perspektif lingkaran yang dijelaskan pada halaman sebelumnya.
Sebuah silinder hanyalah sebuah lingkaran yang diproyeksikan ke dalam tiga dimensi.
Gambar 1
Ini merupakan ilustrasi dari sebuah silinder yang dibentuk oleh
lingkaran yang diproyeksikan secara vertikal dari tanah pesawat. Elips
yang menguraikan semua silinder lebar yang sama. Namun, kurva bulat
mereka secara bertahap meningkat saat mereka naik di atas atau turun di
bawah tingkat mata. Perhatikan bagaimana elips di tingkat mata dipandang
sebagai garis lurus.
Gambar 2
Ini merupakan ilustrasi dari sebuah silinder yang dibentuk oleh
lingkaran yang diproyeksikan horizontal dari pesawat gambar. Kurva
melingkar yang membentuk silinder semua bentuk yang sama, tetapi skala
mereka mengurangi karena mereka mundur dari gambar pesawat menuju titik
hilang.
Kedua contoh kami menggunakan satu perspektif titik, bentuk sederhana dari gambar perspektif.
Perspektif dalam Pasal 1
Perspektif Menggambar menggunakan Eye Tingkat Pusat
Jika
Anda dapat melihat atau jika Anda tahu posisi cakrawala dalam gambar,
gambar secara otomatis menjadi perpanjangan ruang pribadi Anda sendiri.
Karena cakrawala adalah juga tingkat mata Anda, Anda dapat memahami
skala dan ruang dari gambar dalam kaitannya dengan tubuh Anda sendiri.
Setiap bagian dari gambar yang sesuai dengan tingkat mata, merasa
seolah-olah dekat dengan pribadi Anda sendiri ketinggian Efek ini
bekerja apakah benda yang kecil atau besar, dekat atau jauh, atau apakah
penampil sedang berdiri, duduk atau berbaring..